3 Pengertian Ejakulasi Dini

Thursday, October 6th 2016. | Artikel
Pengertian Ejakulasi Dini

Ada berbagai macam masalah kesehatan terkait dengan kehidupan seksual yang dapat dialami oleh siapapun; beberapa jenis masalah kesehatan seksual hanya terjadi pada salah satu gender saja seperti ejakulasi dini. Masalah kesehatan seksual ini dapat terjadi pada semua pria tanpa batasan usia, jenis pekerjaan ataupun kondisi ekonomi tertentu.

Gangguan kesehatan seksual ini ditandai dengan ketidakmampuan seorang pria untuk menahan ejakulasi sehingga kehilangan kendali untuk mempertahankan ereksi dan menjapai klimaks bersama – sama dengan pasangan berhubungan seksual. Adapun pengertian ejakulasi dini tersebut merupakan definisi dasar dari gangguan kesehatan seksual mengenai ketidakmampuan mengendalikan ereksi dan menahan ejakulasi saat melakukan hubungan seksual.

Kebanyakan pria yang mengalami kesulitan menahan ejakulasi selama melakukan hubungan seksual tidak meyadar bahwa ketidakmampuan tersebut adalah sebuah tanda dari disfungsi seksual. Dalam banyak kasus; para pria hanya mengeluh mengenai ketidakmampuan menahan ejakulai selama durasi yang diinginkan.

Dengan mengetahui pengertian ejakulasi dini yang tepat maka akan didapatkan sesepahaman mengenai disfungsi seksual ini sekaligus menggugah mereka yang mengalami masalah tersebut untuk tidak merasa malu dengan kondisinya dan segera mencari solusi guna mengatasi ketidakmampuan menahan ejakulasi selama durasi yang diinginkan.

Menemukan sebuah definisi dan ukuran yang tepat guna menggambarkan kondisi ejakulasi dini agar penilaian terhadap ketidakmampuan menahan ejakulasi menjadi tidak lagi relatif namun memiliki ukuran yang mudah dijadikan pembanding.

Salah satu pengertian ejakulasi dini yang pernah dikemukakan para ahli adalah ketidakmampuan seorang pria untuk menahan ejakulasi selama 2 menit. Dalam hal ini; definisi atau pengukuran mengenai ketidakmampuan menahan ejakulasi dihitung dengan menggunakan satuan waktu. Sehingga seorang laki – laki yang tidak mampu menahan ejakulasi saat melakukan hubungan seksual selama lebih dari dua menit dapat dikatakan mengalami disfungsi seksual yang disebut ejakulasi dini.

Pengertian ini cukup mudah dipahami dan diukur agar seorang pria yang merasa mengalami gangguan atau kesulitan menahan ejakulasi dapat mengukur dan menyimbulkan apakah kondisinya tersebut termasuk dalam definisi mengalami disfunsi seksual ejakulasi dini.

Adapun pengertian ejakulasi dini yang kedua diukur dengan menggunakan reaksi penis terhadap rangsangan saat melakukan hubungan seksual. Banyaknya gesekan atau goyangan yang terjadi sebelum terjadinya ejakulasi dijadikan sebagai patokan ataupun ukuran untuk menilai kondisi seorang laki – laki apakah ia termasuk mengalami disfungsi seksual ejakulasi dini atau tidak.

Salah satu pendapat yang dikemukakan adalah dengan mengukur kemampuan menahan ejakulasi hingga hitungan 10 sampai dengan 20 goyangan; jika seorang laki – laki mampu menahan ejakulasi hingga lebih dari 20 goyangan maka ia dinyatakan tidak mengalami disfungsi seksual ejakulasi dini dan sebalikanya jika seorang laki – laki mengalami ejakulasi atau tidak mampu menahan ejakulasi kurang dari 10 goyangan ataupun antara 10 hingga 20 goyangan maka ia dikategorikan mengalami disfungsi seksual berupa ejakulasi dini.

Ada pula pengertian ejakulasi dini yang lain dimana disfungsi seksual ini didefinisikan sebagai kondisi dimana seorang laki – laki mengalami ejakulasi lebih dahulu dibandingkan dengan pasangan saat berhubungan seksual hingga lebih dari 50 persen jumlah hubungan seksual yang dilakukan.

Pengertian ini sedikit lebih sulit diukur karena sangat relatif; kecepatan pasangan mengalami orgasme merupakan hal yang sangat relatif sehingga definisi ini agak sulit untuk digunakan mendapatkan indikator untuk menyebut seorang laki – laki mengalami disfungsi seksual ejakulasi dini ataupun tidak.

Meskipun begitu; ada baiknya para laki – laki yang merasa memiliki kesulitan untuk menahan ejakulasi atau hanya mampu menahan ejakulasi untuk durasi yang dirasa pendek melakukan pemeriksaan atau mencoba perawatan untuk memperbaiki kemampuan menahan ejakulasi saat melakukan hubungan seksual.

Ada beberapa jenis ejakulasi dini yang dapat dialami oleh seorang pria berdasarkan tingkat ketidakmampuan menahan ejakulasi saat melakukan hubungan seksual. Ejakulasi dini dengan tingkatan ringan merupakan kondisi paling ringan pada kasus disfungsi seksual ini; pengertian ejakulasi dini tingkat ringan adalah ketila terjadi ejakulasi terjadi dalam durasi sekitar 2 menit setelah terjadi penetrasi.

Sedangkan ejakulasi dini tingkat menengah terjadi ketika seorang pria tidak mampu mengendalikan atau menahan ejakulasi sesaat setelah melakukan penetrasi dan ejakulasi dini dinyatakan berada di tingkat berat ketika terjadi ejakulasi sebelum penis melakukan penetrasi atau ketika penetrasi dilakukan.

Ada beberapa penyebab fisik dan psikis yang menyebabkan terjadinya disfungsi seksual berupa ketidakmampuan menahan ejakulasi ketika berhubungan seksual. Dengan mengetahui pengertian ejakulasi dini dan memahami penyebab – penyebabnya maka seorang pria dapat dengan segera mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah faktor psikis yaitu karena faktor kecemasan atau kurang percaya diri dan juga dapat terjadi karena terlalu bersemangat ketika melakukan hubungan seks.

Penyebab lain ejakulasi dini yang terkait dengan bagian tubuh yang terlibat dalam mengendalikan ejakulasi adalah kurangnya fungsi dari serotonin yang merupakan neurotransmitter. Gangguan pada syaraf serta hipersensitivitas syaraf di sekitar penis juga dapat membuat seorang pria kesulitan mengendalikan ejakulasi.

Dengan mengetahui pengertian ejakulasi dini beserta apa yang menjadi sebabnya maka seorang pria yang mengalami masalah disfungsi seksual ini dapat mencari solusi yang tepat baik itu berupa perawatan untuk memperbaiki fungsi syaraf, mengembalikan ungsi serotonin ataupun melakukan konseling guna memperbaiki kondisi psikologis yang menjadi penyebab terjadinya ketidakmampuan mengendalikan ejakulasi saat melakukan hubungan seksual. Pada dasarnya; masalah disfungsi seksual berupa ejakulasi dini dapat dirawat guna memperbaiki kondisi ataupun menyembuhkan ketidakmampuan mengontrol ejakulasi yang terjadi.

JIKA ANDA SERIUS INGIN TAU CARA MEMPERBESAR PENIS ALAMI, CEPAT, AMAN SILAHKAN KLIK DISINI

Bantu Share ya :